Cara Melakukan Poles Marmer

Marmer adalah jenis lantai yang paling banyak digunakan untuk lantai rumah, hotel dan bangunan fisik lainnya. Alasannya tak lain adalah karena keindahan corak dan kemilau batu marmer yang merupakan batu alami. Ia diperoleh dari hasil menambang batuan tersebut yang kemudian dipotong dalam bentuk sedemikian rupa dan dihaluskan. Corak marmer sendiri adalah corak alami yang berasal dari proses kimiawi di dalam tanah yang sangat lama. Tak heran, marmer memiliki corak indah yang sangat beragam.

Penggunaan marmer untuk lantai bangunan sudah berlangsung cukup lama. Diantara bahan dekorasi lantai yang lain, marmerlah yang paling banyak diminati oleh masyarakat meskipun harganya yang relatif mahal. Namun, kepuasan yang didapat dari pemakaian marmer sangat sebanding.

Layaknya benda pada umumnya, marmer juga tetap akan mengalami usang seiring berjalannya waktu. Perlahan lantai marmer akan berubah tergantung lingkungan dan perlakuan manusianya. Lantai marmer bisa berubah jadi usang, kusam, atau bahkan retak jika berada di lingkungan yang banyak manusia dan mobilitas tinggi. Fesekan demi gesekan dan noda adalah penyebab utama kusamnya marmer disamping resiko kejatuhan oleh benda padat yang keras.

Lantas apa yang akan Anda lakukan saat marmer rumah Anda sudah mulai usang dan kusam? Pernahkah Anda berpikir untuk menggantinya? Jangan gegabah dulu, karena Anda bisa membuat marmer rumah Anda kemilau kembali layaknya baru. Benarkah? Yap, benar sekali.

Anda bisa mencoba untuk melakukan pemolesan pada lantai marmer Anda yang kusam. Poles marmer adalah solusi terbaik untuk membuat marmer rumah Anda nampak indah kembali layaknya marmer yang baru dipasang. Dibandingkan dengan mengganti dengan marmer yang baru, poles marmer hanya memerlukan biaya yang sedikit.

Poles marmer bisa dilakukan sendiri atau minta bantuan jasa tukang poles marmer. Tentu melakukan poles marmer sendiri biayanya akan lebih murah da praktis namun tetap harus disertai kehati-hatian. Anda hanya perlu menyediakan alat dan bahan sederhana yang sangat mudah ditemukan sehari – hari antara lain cairann pembersih marmer merk apa saja, kain lap berbahan halus, air dan baskom.

Langkah pertama, ambil satu tutup botol cairan pemberih marmer dan tuangkan ke dalam baskom yang berisi air. Kemudian aduk airnya sampai keduanya benar benar tercampur merata. Lalu ambil kain lap dan celupkan ke dalam air tadi dan peras airnya sedikit. Terakhir, usapkan kain tersebut ke permukaan lantai marmer yang kotor dan kusam dengan cara memutar atau bolak balik. Lakukan hal ini secara perlahan lalu kemudian lantainya didiamkan selama 30 menit. Setelah itu, Anda bisa membersihkan kembali lantai marmernya dengan air bersih.

Cara ini adalah cara yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan dengan sendiri. Meskipun hasilnya tidak sebagus dengan poles mermer yang profesional, tapi hasilnya tentu cukup memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *